BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Pages

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!

Thursday 26 August 2010

Psikologi Keluarga..

hihi kemaren pertemuan ke-2 ku mengikuti kuliah Psikologi Keluarga. sebenarnya belum bisa menilai lebih dulu dengan lebih banyak (apasihh.. haha)
tp td dosennya keren bangett.. menyenangkan.. enak banget neranginnya.. gag bikin ngantuk! hehe :) )

*langsung aja yaahh..* aku pengen berbagi apa yang aku dapet tadi di kelas ttg KELUARGA. *yg sebenarnya* pada waktu PERTEMUAN yang PERTAMA :)

KELUARGA tidak hanya diisi dengan suatu kelompok yang memiliki hubungan darah. yang disebut KELUARGA, bisa dimana saja.. asal punya keterikatan emosi, mempunyai minat yang sama, dan yang pasti dalam suatu kelompok berisi 2 orang atau lebih.
jadi misalnya, kami (di dalam satu kelas) adalah bagian dari keluarga besar Universitas Widya Mandala Surabaya. Atauu kami adalah keluarga dari Fakultas Psikologi Universitas Widya Mandala Surabaya.

Adapun definisi dari keluarga menurut Sosiologi :

- System apapun yang dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung dan mengendalikan reproduksi dan interaksi seksual manusia (Cox, 1987)

- Sebuah institusi sosial yang beragam bentuknya namun melegitimasikan posisi anak-anak di dalam masyarakat dan mencakup kondisi perawatan tertentu yang membuatnya dapat berfungsi dengan baik (Duberman, 1977)

Sedangkan definisi keluarga menurut Pemerintah :

- Sebuah keluarga adalah suami dan istri (apakah menikah resmi atau hidup bersama berdasarkan kesepakatan tertentu), dengan atau tanpa anak, yang belum menikah; atau orang tua tunggal dalam status pernikahan apapun, dengan satu atau lbih anak-anak yang belum menikah, hidup bersama dalam sebuah tempat (Baker, 2001)

Dan definisi keluarga menurut Vanier Institute of The Family, 2000 adalah :

- Segala bentuk kombinasi antara 2/lebih orang yang terikat bersama oleh kesepakatan, kelahiran, dan/atau adopsi/penempatan, dan yang secara bersama-sama berbagi tanggung jawab dalam kombinasi berbagai hal berikut :

  • Pemeliharaan fisik/perawatan anggota kelompok
  • Penambahan anggota baru melalui kelahiran atau adopsi
  • Sosialisasi anak-anak
  • Control sosial para anggotanya
  • Produksi, konsumsi, dan distribusi barang dan layanan
  • Cinta

JADI, APA DEFINISIMU TENTANG KELUARGA? *winkwink*

No comments:

Post a Comment