BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Pages

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!
Loading...

Wednesday, 18 August 2010

Hipokalemia atau Kekurangan Kalium. (penyakit??)

Hipokalemia atau Kekurangan Kalium. itulah yang aku alami dari kelas 2 SMA. klo dihitung sampe sekarng cii uda 6 tahun'an.
itu seakan2 penyakit bagi aku.
sakit yang suka muncul kalau lagi kecapekan atau makan makanan yang sembarangan. "sembarangan" disini, bisa karena terlalu banyak makan yang 'kering'2, seperti : Nasi Goreng, Mie Goreng, pokoknya makan makanan yang gak banyak sayur2annya. juga tidak diimbangi dengan buah2an.

tapii bagi aku, itu bukan penyakit. hal itu kan disebabkan karena ketidakseimbangan kalium dalam tubuh.
bahasa umumnya bisa seperti dehidrasi.
jujur, itu ngebuat aku tersiksa banget dalam melakukan aktivitas sehari2.
meski (menurut aku) aku sudah makan yang 'baik2', sudah cukup konsumsi buah2an atau sayur2an. tapi kalau memang uda kecapekan, pasti rasa berat dikaki pasti ADA. meski kadang2 cuma sedikit atau sebentar.

tapi ALHAMDULILLAH selama aku bisa menghandle makananku dengan baik, aku bisa beraktivitas dengan baik juga.
walaupun, aku selalu diliputi rasa takut setiap saat dihati aku kalau TAKUT KAMBUH tiba2. dan mengacaukan kegiatan2ku. huhu :( *bener2 bagaikan hantu buat aku!!*

dan setelah ngubek2 paman Google, aku menemukan artikel tentang sakit yang selama ini aku alami itu. *meski penjelasan dari dokter ku sendiri, aku sudah paham banget!* hehe.. *ini sekedar share aja koq. ;)

Check it!

KALIUM sangat penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot, kata Dr. Samuel Oetoro, Sp.GK, MS, ahli nutrisi dari Semanggi Specialist Clinic. Kalium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Potasium ditemukan di hampir seluruh tubuh dalam bentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan. Sebagian besar kalium tersebut berada di dalam sel, sebagian lagi terdapat di luar sel. Mineral ini akan berpindah secara teratur dari dan keluar sel, tergantung kebutuhan tubuh.

Di dalam tubuh, kalium biasanya bekerja sama dengan sodium atau natrium (Na) dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Keseimbangan ini dijaga dengan menyesuaikan jumlah asupan kalium dari makanan dan jumlah kalium yang dibuang.

Cukup mudah memperoleh kalium dari makanan sehari-hari. Kalium banyak ditemukan pada jeruk, pisang, kentang, alpukat, bayam, tomat, daging, susu, dan kacang-kacangan. Orang sakit yang kurang konsumsi makanan melalui mulut, tentunya asupan kalium akan berkurang pula.

Dalam keadaan normal, organ ginjal berperan menyesuaikan antara asupan dan jumlah kalium yang dibuang tubuh. Sebagian besar kalium dibuang melalui urin, walaupun ada juga yang keluar bersama tinja.

Penggunaan Pencahar
Dijelaskan Dr. Samuel, kadar kalium dalam darah orang normal 3,5-5 mEq/liter. Bila kurang dari itu dibilang kekurangan kalium atau dikenal dengan istilah hipokalemia. “Orang jarang kekurangan kalium,” kata Dr. Samuel.

Olahragawan membutuhkan asupan kalium lebih banyak karena banyak mengeluarkan keringat. Pengguna obat pencahar juga butuh asupan kalium lebih untuk menggantikan kalium yang keluar akibat proses diuretik. Sebaliknya, orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gagal ginjal disarankan tidak mengasup kalium terlalu banyak. Ini karena tubuh mereka tidak dapat lagi secara normal memetabolisme mineral ini.

Ginjal yang normal dapat menahan kalium dengan baik. Jika konsentrasi kalium darah terlalu rendah, biasanya karena ginjal tidak berfungsi normal atau terlalu banyak kalium yang hilang melalui saluran pencernaan akibat diare, muntah, penggunaan obat pencahar dalam waktu lama, atau polip di usus besar.

Ginjal juga mengeluarkan banyak kalium pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar kayu manis atau mengunyah tembakau. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air, dan kalium dalam jumlah berlebihan.

Obat-obatan seperti insulin dan obat asma jenis albuterol, terbutalin, dan teofilin bisa meningkatkan perpindahan kalium ke dalam sel dan mengakibatkan hipokalemia. Namun, pemakaian obat-obatan ini jarang menjadi penyebab tunggal terjadinya hipokalemia.

Mudah lelah
Hipokalemia ringan biasanya tidak menyebabkan gejala sama sekali. Kondisi yang lebih berat dapat mengakibatkan kelemahan fungsi otot dan tubuh mudah lelah. Kelemahan otot biasanya terjadi pada otot kaki dan tangan, tetapi kadang juga mengenai otot mata, otot pernapasan, dan otot untuk menelan. Kedua keadaan terakhir ini dapat berakibat fatal. Kondisi lemah otot ini dialami Rianti, yang sering kram di kaki jika terlalu banyak beraktivitas. “Pernah sampai lumpuh,” kata gadis 24 tahun ini.

Oleh dokter ia disarankan banyak makan pisang. “Sekarang aku tak bisa jauh dari pisang,” ujarnya. Pada kondisi hipokalemia parah, sistem saraf juga mengalami gangguan dalam mengantarkan rangsangan. “Yang lebih parah, meskipun jarang terjadi, hipokalemia dapat menyebabkan masalah serius seperti detak jantung tak beraturan hingga berhentinya detak jantung,” imbuh Dr. Samuel.

Beberapa penelitian menyebutkan, orang yang kekurangan potasium lebih berisiko terkena penyakit hipertensi, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke. Kurang asupan kalium mudah digantikan dengan mengonsumsi makanan sumber kalium atau garam kalium (kalium klorida) dengan cara ditelan (oral). Pengobatan oral ini lebih mudah, tetapi karena kalium dapat mengiritasi saluran pencernaan, hanya diberikan dalam dosis kecil. Pemberian 40-60 mEq dapat menaikkan kadar kalium sebesar 1-1,5 mEq/L, sedangkan 135-160 mEq dapat menaikkan kalium 2,5-3,5 mEq/L.

Pada hipokalemia berat, kalium bisa diberikan secara intravena. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan hanya di rumah sakit, untuk menghindari kenaikan kadar kalium yang terlalu tinggi. Konsentrasi kalium dalam darah orang dengan hipokalemia berat ini mesti diperiksa ulang secara periodik. Bila kondisi membaik, jenis pengobatan dapat diubah.

materi referensi:

http://nasional.kompas.com/read/2008/07/07/22035499/kalium.atur.keseimbangan.elektrolit.tubuh


Sudah dibaca kan? bagaimana menurut kalian?
kalau kalian punya sakit (bukan penyakit loh yaa) yang kayak gitu.. bisa di sharing-kan juga ke aku.
mungkin aja kita bisa saling bertukar pikiran. atau sekedar curhat aja ke aku. gapapa koq.. :)

ditunggu yaaa.. ;)

*RAJIN2 YAA.. MAKAN SAYUR DAN BUAH.. JAGA KESEHATANMU BAIK2.. SAKIT ITU GAK ENAK LOH.. SUMPAH!* XD

8 comments:

  1. Sama, gw juga hipokalemia, tapi penyebabnya adalah "TIDUR DALAM KEADAAN DINGIN"!!!! Kalau keadaan dingin lebih baik gw banyak bergerak deh!

    ReplyDelete
  2. Wah.......... saya ingat, adik saya kembar (dua2nya cewe) menderita kekurangan kalium juga. Yg parah banget adiknya, sekarang udah gak ada dari 9 tahun yang lalu. Adik sy ini diketahui penyakitnya ketika dia hamil anak yg ke 2. Tangan dan kakinya lumpuh dan kemudian gak bisa bernafas, kecuali dg bantuan ventilator di RS St Carolus. Subahanallah bayinya sehat dan skrg udh umur 10 th sy rawat sejak bayi umur 50 hari setelah ibunya wafat. Selama kehamilan dlm perawatan dokter dan akhirnya koma selama sebulan penuh. ketika sadar gak bisa bergerak hanya nafas aja, lalu terapi dan rawat jalan. Ketika kondisinya agak kuat langsung operasi caesar utk mengeluarkan bayinya yg alhamdulillah udh masuk usia kandungan 7 bulan. Kakak kembarnya sering kambuh penyakitnya, keluar masuk rumah sakit. Dia juga udh punya anak 1 orang. Semoga dik Putri dpt bertahan dan dpt sharing trus ya. Salam. Erni SIregar.

    ReplyDelete
  3. halo,mau tanya kalo lagi kambuh sebaiknya makan apa? saya punya temen yg lagi kumat hipokalemianya saya bingung mau bantu apa :(

    ReplyDelete
  4. saya juga sakit ini sudah 5 tahun...dalam setahun 3-4 kali keluar masuk rs hanya utk infus kalium...lewat pemeriksaan ct-scan abdomen ternyata ada nodul diatas adrenal...makanya ginjal saya gak bisa nahan kalium, jadi selalu banyak terbuang lewat urine... sampai sekarang saya masih mengkonsumsi KSR ..dan menu wajib pisang,air kelapa muda...
    Alhamdulillah tahun ini saya tidak "apel" ke rs...mudah2an selanjutnya pun tidak...
    Gak enak banget yaaaa kalo lagi kaliumnya turun...lemassss...kaku...kram....kesemutan....beerraaattt...

    ReplyDelete
  5. usia sy 34th, sy menderita hipokalemia n parahnya baru tahu bbrp bln ini.. pdhl klo dipikir2 sejak usia 27th sdh mengalami gejala2 hipokalium sprti otot kaki dan tangan yg kaku sampai mengangkat kaki utk berjalan sj rasanya berat sekali apalagi hanya utk sekedar berdiri dari posisi duduk seakan tidak kuat menahan berat tubuh.
    periksa ke dokter cek lab dibilang sy menderita asam urat dan disarankan menghindari makanan yg mengandung protein berlebih hadewh..
    hal ini terjadi tiap 1th sekali dan periode sakitnya -+4hr sampai usia sy 29th stlh itu selama 4th sy benar2 sehat dan tidak mengalami sakit seperti itu lg..
    nah setahun kemarin tiba2 sy sakit lg tp kali ini benar2 parah hingga tidak bisa bergerak sm sekali sprti lumpuh, sy hy bisa menggerakkan kepala, mata (dan berbicara tentunya) ke kiri dan kekanan itupun berat sekali akhirnya sy dibw ke RS dan di diagnosa dokter syaraf terkena myelitis cervicalis,
    jd menurut dokter syaraf medula spinalis di leher sy dipotong oleh bakteri.. tiap pagi dan sore sy mendapat suntikan/obat cairan layaknya org yg terkena stroke (sbb yg diserang adl bagian dr susunan syaraf pusat) dan tnpa sy sadari (sprti biasa sy sdh pulih n bs bergerak bebas stlh -+4hr) tp karena menurut dokter prosedur pengobatan penyakit ini hrs 13hr ya sudah sy ikuti..
    stlh itu sy pulang n benar2 sehat dan sang dokter terlihat gembira sekali (sbb beliau curhat byk pasiennya yg divonis
    sprti sy rata2 menolak diobati selama itu, trs bola/ik dirawat akhirnya lumpuh total)
    tp hal itu tdk berlangsung lama stlh check up yg ke3 tiba2 sy sakit lg.. dokter pun terheran2 kemudian di cek elektrolit, hasilnya diketahui kalium sy dibawah level seharusnya, kali ini sy hy diberi KSR dan disarankan memperbanyak konsumsi pisang ambon yg suluh/masak di pohon..
    stlh itu sy dg cepat membaik tp sampai disini dokter tsb tidak berani memvonis sy hipokalium..
    penasaran stlh googling sana sini sy konsultasi dg seorg terapis di RS yg lain kbtln ada sodara di karu radiologi, dan menyarankan utk periksa ginjal krn dia menduga berkurangnya kalium sy bisa bocor dr situ, tp trnyata baik2 sj.. sy bilang mungkin sj low potassium krn keringat sy yg keluar berlebihan ketika beraktifitas (jd misal utk aktifitas yg sama/scr bersamaan ketika keringat sy sudah membasahi seluruh tubuh hingga pakaian basah kuyup sprti org kehujanan eh org lain baru keringetan di dahi aja..)
    pd akhirnya kami berkesimpulan bahwa sakit yg diderita sy adl hypokalemia sebab bisa dg cepat pulih stlh mengkonsumsi pisang ataupun makanan2 yg byk mengandung kalium.
    ttg penyebabnya smntara ini dugaan sy mgkn akibat pola makan yg tidak teratur dan tdk sehat, ditambah lg sy orgnya malas makan..
    skrg sy merasa tubuh ini gampang capek terutama di bagian telapak kaki, klo udah gitu sy langsung mengkonsumsi pisang lebih byk (kelapa muda jg tp jarang) dan tubuh sy fit lg..
    Alhamdulillah sy sdh tdk lg periksa ke dokter kecuali klo hrs dinas ke luar kota sy br minta KSR utk jaga2..
    sprti itulah cara sy mengatasi kondisi ini.. tq

    ReplyDelete
  6. Putri,salam kenal,sy Jacob,sy mau hub Putri lewat link2 yg ada ga bisa...maklum gaptek. Boleh sy mnta tolong u/email ke jcfavemusicmaker@yahoo.com,mau share sstu ttg apa yg sy alami berkenaan dg hipokalemia. Trimakasih..sy tggu bgt respons positif dari Putri..skali lagi trimakasih ya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal,sy Jacob. Sy ingin tahu aja,bhw istilah yg slma ini sy tmukan saat sy browse di i-net adlh : "lemes" bukan "kaku". Sy mngalami kekakuan otot ini sdh 4mggu berjalan. Stlh sy periksa ke dktr sy di Mitra Kemayoran(16 Mei 2012 lalu),sy diinfo mngalami hipokalemia (kkurangan Kalium). Nilai Kalium sy 3.6 dari nilai rujukan normal hasil cek darah di Prodia : 3.5-5.1,berat badan sy per tgl tsb : 102,5kg. Shg dr kondisi ini,dktr msh mnanggap bhw sy msh kurang asupan K. Nah apa yg sy rasakan (mnurut sy BUKAN lemes,ttpi "KEKAKUAN YG LUAR BIASA" dr tlapak kaki kanan (terasa spt org bengkak di telapak kaki dibawa jalan,spt itu rasanya), kedua betis luar(rasanya spt ditusuk2,dan betis kanan seringkali keram,klo sy salah move..), kedua paha belkg(rasanya spt jika sseorg ga prnah olah raga,trus lari marathon 45km,besoknya mau bangun dr tmpt tidur,nah spt itu rasanya..), bag.pinggang di atas tulang panggul dan pantat,bukan pada posisi letak ginjal,ttpi agak dibwhnya(rasanya sprti abis bawa brg 50kg..selama 30mnit), trus kedua biceps sy(rasanya spt jika org ga prnah OR,trus angkat dumbell @7kg tiap tangan,sebyk 100x sekali angkat,trus besoknya..spt itu..tangn dr bengkok lurus sakit,dr lurus ditekuk sakit), llu kedua prgelangan tgn sy(rasanya spt ditusuk2), trakhir kedua pundak luar atas(rasanya spt ditusuk2). Nah yg sy rasakan adlh KAKU bukan LEMES (tapi sy jg ga tau klo yg dimaksud lemes adlh kaku..),shg sy ssah bgerak dr posisi tidur-bangun & sebaliknya,duduk-berdiri & sebaliknya,jalan kayak robot,wah repot,sakit dan sgt mnyusahkan. Sy konsumsi Aspar K dr dktr sy,juga pisang+pocari+renadinac(obat nyeri). Sy mw tnya apkh ​yg sy alami bner hipokalemia? Apkh berat badan sy ada hubungannya dgn proses pnyembuhan/pemulihan,mngingat sy sdh mjalani medikasi slma 5hr bjalan hr ni(21 Mei 2012,dr 17 Mei 2012 sy mlai mkonsumsi obat dktr) tapi "belum terasa" perubahannya. Biasanya proses pemulihan rata2 brpa hr? Itu aja, mohon masukan dan bantuan info. Dpt lgsg ke jcfavemusicmaker@yahoo.com. Trimakasih,sy tggu tanggapan positif dr Putri segera. Jacob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut dokter spesialis penyakit dalam Hypokalium dikarenakan gangguan anak ginjal dan untuk periksa anak ginjal bagus atau tidak di Indonesia belum ada, hanya ada di USA sana. Untuk obat hypokalium terbaik adalah Pisang Ijo Sukabumi dan Kelapa Ijo. Kelapa ijo tuk orang hamil dalam semester pertama tidak boleh. kelapa muda jg ga pa2 kok. SALAM SEHAT....!!!!

      Delete