BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Pages

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!

My BestIdol.. (and) My Inspiration.. FOREVER!

Wednesday 18 August 2010

Hipokalemia atau Kekurangan Kalium. (penyakit??)

Hipokalemia atau Kekurangan Kalium. itulah yang aku alami dari kelas 2 SMA. klo dihitung sampe sekarng cii uda 6 tahun'an.
itu seakan2 penyakit bagi aku.
sakit yang suka muncul kalau lagi kecapekan atau makan makanan yang sembarangan. "sembarangan" disini, bisa karena terlalu banyak makan yang 'kering'2, seperti : Nasi Goreng, Mie Goreng, pokoknya makan makanan yang gak banyak sayur2annya. juga tidak diimbangi dengan buah2an.

tapii bagi aku, itu bukan penyakit. hal itu kan disebabkan karena ketidakseimbangan kalium dalam tubuh.
bahasa umumnya bisa seperti dehidrasi.
jujur, itu ngebuat aku tersiksa banget dalam melakukan aktivitas sehari2.
meski (menurut aku) aku sudah makan yang 'baik2', sudah cukup konsumsi buah2an atau sayur2an. tapi kalau memang uda kecapekan, pasti rasa berat dikaki pasti ADA. meski kadang2 cuma sedikit atau sebentar.

tapi ALHAMDULILLAH selama aku bisa menghandle makananku dengan baik, aku bisa beraktivitas dengan baik juga.
walaupun, aku selalu diliputi rasa takut setiap saat dihati aku kalau TAKUT KAMBUH tiba2. dan mengacaukan kegiatan2ku. huhu :( *bener2 bagaikan hantu buat aku!!*

dan setelah ngubek2 paman Google, aku menemukan artikel tentang sakit yang selama ini aku alami itu. *meski penjelasan dari dokter ku sendiri, aku sudah paham banget!* hehe.. *ini sekedar share aja koq. ;)

Check it!

KALIUM sangat penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot, kata Dr. Samuel Oetoro, Sp.GK, MS, ahli nutrisi dari Semanggi Specialist Clinic. Kalium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom (SSO), yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Potasium ditemukan di hampir seluruh tubuh dalam bentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan. Sebagian besar kalium tersebut berada di dalam sel, sebagian lagi terdapat di luar sel. Mineral ini akan berpindah secara teratur dari dan keluar sel, tergantung kebutuhan tubuh.

Di dalam tubuh, kalium biasanya bekerja sama dengan sodium atau natrium (Na) dalam mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Keseimbangan ini dijaga dengan menyesuaikan jumlah asupan kalium dari makanan dan jumlah kalium yang dibuang.

Cukup mudah memperoleh kalium dari makanan sehari-hari. Kalium banyak ditemukan pada jeruk, pisang, kentang, alpukat, bayam, tomat, daging, susu, dan kacang-kacangan. Orang sakit yang kurang konsumsi makanan melalui mulut, tentunya asupan kalium akan berkurang pula.

Dalam keadaan normal, organ ginjal berperan menyesuaikan antara asupan dan jumlah kalium yang dibuang tubuh. Sebagian besar kalium dibuang melalui urin, walaupun ada juga yang keluar bersama tinja.

Penggunaan Pencahar
Dijelaskan Dr. Samuel, kadar kalium dalam darah orang normal 3,5-5 mEq/liter. Bila kurang dari itu dibilang kekurangan kalium atau dikenal dengan istilah hipokalemia. “Orang jarang kekurangan kalium,” kata Dr. Samuel.

Olahragawan membutuhkan asupan kalium lebih banyak karena banyak mengeluarkan keringat. Pengguna obat pencahar juga butuh asupan kalium lebih untuk menggantikan kalium yang keluar akibat proses diuretik. Sebaliknya, orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gagal ginjal disarankan tidak mengasup kalium terlalu banyak. Ini karena tubuh mereka tidak dapat lagi secara normal memetabolisme mineral ini.

Ginjal yang normal dapat menahan kalium dengan baik. Jika konsentrasi kalium darah terlalu rendah, biasanya karena ginjal tidak berfungsi normal atau terlalu banyak kalium yang hilang melalui saluran pencernaan akibat diare, muntah, penggunaan obat pencahar dalam waktu lama, atau polip di usus besar.

Ginjal juga mengeluarkan banyak kalium pada orang yang mengonsumsi sejumlah besar kayu manis atau mengunyah tembakau. Kalium bisa hilang lewat air kemih karena beberapa alasan. Yang paling sering adalah akibat penggunaan obat diuretik yang menyebabkan ginjal membuang natrium, air, dan kalium dalam jumlah berlebihan.

Obat-obatan seperti insulin dan obat asma jenis albuterol, terbutalin, dan teofilin bisa meningkatkan perpindahan kalium ke dalam sel dan mengakibatkan hipokalemia. Namun, pemakaian obat-obatan ini jarang menjadi penyebab tunggal terjadinya hipokalemia.

Mudah lelah
Hipokalemia ringan biasanya tidak menyebabkan gejala sama sekali. Kondisi yang lebih berat dapat mengakibatkan kelemahan fungsi otot dan tubuh mudah lelah. Kelemahan otot biasanya terjadi pada otot kaki dan tangan, tetapi kadang juga mengenai otot mata, otot pernapasan, dan otot untuk menelan. Kedua keadaan terakhir ini dapat berakibat fatal. Kondisi lemah otot ini dialami Rianti, yang sering kram di kaki jika terlalu banyak beraktivitas. “Pernah sampai lumpuh,” kata gadis 24 tahun ini.

Oleh dokter ia disarankan banyak makan pisang. “Sekarang aku tak bisa jauh dari pisang,” ujarnya. Pada kondisi hipokalemia parah, sistem saraf juga mengalami gangguan dalam mengantarkan rangsangan. “Yang lebih parah, meskipun jarang terjadi, hipokalemia dapat menyebabkan masalah serius seperti detak jantung tak beraturan hingga berhentinya detak jantung,” imbuh Dr. Samuel.

Beberapa penelitian menyebutkan, orang yang kekurangan potasium lebih berisiko terkena penyakit hipertensi, yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke. Kurang asupan kalium mudah digantikan dengan mengonsumsi makanan sumber kalium atau garam kalium (kalium klorida) dengan cara ditelan (oral). Pengobatan oral ini lebih mudah, tetapi karena kalium dapat mengiritasi saluran pencernaan, hanya diberikan dalam dosis kecil. Pemberian 40-60 mEq dapat menaikkan kadar kalium sebesar 1-1,5 mEq/L, sedangkan 135-160 mEq dapat menaikkan kalium 2,5-3,5 mEq/L.

Pada hipokalemia berat, kalium bisa diberikan secara intravena. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan hanya di rumah sakit, untuk menghindari kenaikan kadar kalium yang terlalu tinggi. Konsentrasi kalium dalam darah orang dengan hipokalemia berat ini mesti diperiksa ulang secara periodik. Bila kondisi membaik, jenis pengobatan dapat diubah.

materi referensi:

http://nasional.kompas.com/read/2008/07/07/22035499/kalium.atur.keseimbangan.elektrolit.tubuh


Sudah dibaca kan? bagaimana menurut kalian?
kalau kalian punya sakit (bukan penyakit loh yaa) yang kayak gitu.. bisa di sharing-kan juga ke aku.
mungkin aja kita bisa saling bertukar pikiran. atau sekedar curhat aja ke aku. gapapa koq.. :)

ditunggu yaaa.. ;)

*RAJIN2 YAA.. MAKAN SAYUR DAN BUAH.. JAGA KESEHATANMU BAIK2.. SAKIT ITU GAK ENAK LOH.. SUMPAH!* XD

47 comments:

  1. Sama, gw juga hipokalemia, tapi penyebabnya adalah "TIDUR DALAM KEADAAN DINGIN"!!!! Kalau keadaan dingin lebih baik gw banyak bergerak deh!

    ReplyDelete
  2. Wah.......... saya ingat, adik saya kembar (dua2nya cewe) menderita kekurangan kalium juga. Yg parah banget adiknya, sekarang udah gak ada dari 9 tahun yang lalu. Adik sy ini diketahui penyakitnya ketika dia hamil anak yg ke 2. Tangan dan kakinya lumpuh dan kemudian gak bisa bernafas, kecuali dg bantuan ventilator di RS St Carolus. Subahanallah bayinya sehat dan skrg udh umur 10 th sy rawat sejak bayi umur 50 hari setelah ibunya wafat. Selama kehamilan dlm perawatan dokter dan akhirnya koma selama sebulan penuh. ketika sadar gak bisa bergerak hanya nafas aja, lalu terapi dan rawat jalan. Ketika kondisinya agak kuat langsung operasi caesar utk mengeluarkan bayinya yg alhamdulillah udh masuk usia kandungan 7 bulan. Kakak kembarnya sering kambuh penyakitnya, keluar masuk rumah sakit. Dia juga udh punya anak 1 orang. Semoga dik Putri dpt bertahan dan dpt sharing trus ya. Salam. Erni SIregar.

    ReplyDelete
  3. halo,mau tanya kalo lagi kambuh sebaiknya makan apa? saya punya temen yg lagi kumat hipokalemianya saya bingung mau bantu apa :(

    ReplyDelete
  4. saya juga sakit ini sudah 5 tahun...dalam setahun 3-4 kali keluar masuk rs hanya utk infus kalium...lewat pemeriksaan ct-scan abdomen ternyata ada nodul diatas adrenal...makanya ginjal saya gak bisa nahan kalium, jadi selalu banyak terbuang lewat urine... sampai sekarang saya masih mengkonsumsi KSR ..dan menu wajib pisang,air kelapa muda...
    Alhamdulillah tahun ini saya tidak "apel" ke rs...mudah2an selanjutnya pun tidak...
    Gak enak banget yaaaa kalo lagi kaliumnya turun...lemassss...kaku...kram....kesemutan....beerraaattt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak ratih...bisa sy contact ga? Sy mo sharing krn sakitnya sama nih dan sy msh berlanjut sampai hari ini

      Delete
  5. usia sy 34th, sy menderita hipokalemia n parahnya baru tahu bbrp bln ini.. pdhl klo dipikir2 sejak usia 27th sdh mengalami gejala2 hipokalium sprti otot kaki dan tangan yg kaku sampai mengangkat kaki utk berjalan sj rasanya berat sekali apalagi hanya utk sekedar berdiri dari posisi duduk seakan tidak kuat menahan berat tubuh.
    periksa ke dokter cek lab dibilang sy menderita asam urat dan disarankan menghindari makanan yg mengandung protein berlebih hadewh..
    hal ini terjadi tiap 1th sekali dan periode sakitnya -+4hr sampai usia sy 29th stlh itu selama 4th sy benar2 sehat dan tidak mengalami sakit seperti itu lg..
    nah setahun kemarin tiba2 sy sakit lg tp kali ini benar2 parah hingga tidak bisa bergerak sm sekali sprti lumpuh, sy hy bisa menggerakkan kepala, mata (dan berbicara tentunya) ke kiri dan kekanan itupun berat sekali akhirnya sy dibw ke RS dan di diagnosa dokter syaraf terkena myelitis cervicalis,
    jd menurut dokter syaraf medula spinalis di leher sy dipotong oleh bakteri.. tiap pagi dan sore sy mendapat suntikan/obat cairan layaknya org yg terkena stroke (sbb yg diserang adl bagian dr susunan syaraf pusat) dan tnpa sy sadari (sprti biasa sy sdh pulih n bs bergerak bebas stlh -+4hr) tp karena menurut dokter prosedur pengobatan penyakit ini hrs 13hr ya sudah sy ikuti..
    stlh itu sy pulang n benar2 sehat dan sang dokter terlihat gembira sekali (sbb beliau curhat byk pasiennya yg divonis
    sprti sy rata2 menolak diobati selama itu, trs bola/ik dirawat akhirnya lumpuh total)
    tp hal itu tdk berlangsung lama stlh check up yg ke3 tiba2 sy sakit lg.. dokter pun terheran2 kemudian di cek elektrolit, hasilnya diketahui kalium sy dibawah level seharusnya, kali ini sy hy diberi KSR dan disarankan memperbanyak konsumsi pisang ambon yg suluh/masak di pohon..
    stlh itu sy dg cepat membaik tp sampai disini dokter tsb tidak berani memvonis sy hipokalium..
    penasaran stlh googling sana sini sy konsultasi dg seorg terapis di RS yg lain kbtln ada sodara di karu radiologi, dan menyarankan utk periksa ginjal krn dia menduga berkurangnya kalium sy bisa bocor dr situ, tp trnyata baik2 sj.. sy bilang mungkin sj low potassium krn keringat sy yg keluar berlebihan ketika beraktifitas (jd misal utk aktifitas yg sama/scr bersamaan ketika keringat sy sudah membasahi seluruh tubuh hingga pakaian basah kuyup sprti org kehujanan eh org lain baru keringetan di dahi aja..)
    pd akhirnya kami berkesimpulan bahwa sakit yg diderita sy adl hypokalemia sebab bisa dg cepat pulih stlh mengkonsumsi pisang ataupun makanan2 yg byk mengandung kalium.
    ttg penyebabnya smntara ini dugaan sy mgkn akibat pola makan yg tidak teratur dan tdk sehat, ditambah lg sy orgnya malas makan..
    skrg sy merasa tubuh ini gampang capek terutama di bagian telapak kaki, klo udah gitu sy langsung mengkonsumsi pisang lebih byk (kelapa muda jg tp jarang) dan tubuh sy fit lg..
    Alhamdulillah sy sdh tdk lg periksa ke dokter kecuali klo hrs dinas ke luar kota sy br minta KSR utk jaga2..
    sprti itulah cara sy mengatasi kondisi ini.. tq

    ReplyDelete
  6. Putri,salam kenal,sy Jacob,sy mau hub Putri lewat link2 yg ada ga bisa...maklum gaptek. Boleh sy mnta tolong u/email ke jcfavemusicmaker@yahoo.com,mau share sstu ttg apa yg sy alami berkenaan dg hipokalemia. Trimakasih..sy tggu bgt respons positif dari Putri..skali lagi trimakasih ya

    ReplyDelete
  7. Salam kenal,sy Jacob. Sy ingin tahu aja,bhw istilah yg slma ini sy tmukan saat sy browse di i-net adlh : "lemes" bukan "kaku". Sy mngalami kekakuan otot ini sdh 4mggu berjalan. Stlh sy periksa ke dktr sy di Mitra Kemayoran(16 Mei 2012 lalu),sy diinfo mngalami hipokalemia (kkurangan Kalium). Nilai Kalium sy 3.6 dari nilai rujukan normal hasil cek darah di Prodia : 3.5-5.1,berat badan sy per tgl tsb : 102,5kg. Shg dr kondisi ini,dktr msh mnanggap bhw sy msh kurang asupan K. Nah apa yg sy rasakan (mnurut sy BUKAN lemes,ttpi "KEKAKUAN YG LUAR BIASA" dr tlapak kaki kanan (terasa spt org bengkak di telapak kaki dibawa jalan,spt itu rasanya), kedua betis luar(rasanya spt ditusuk2,dan betis kanan seringkali keram,klo sy salah move..), kedua paha belkg(rasanya spt jika sseorg ga prnah olah raga,trus lari marathon 45km,besoknya mau bangun dr tmpt tidur,nah spt itu rasanya..), bag.pinggang di atas tulang panggul dan pantat,bukan pada posisi letak ginjal,ttpi agak dibwhnya(rasanya sprti abis bawa brg 50kg..selama 30mnit), trus kedua biceps sy(rasanya spt jika org ga prnah OR,trus angkat dumbell @7kg tiap tangan,sebyk 100x sekali angkat,trus besoknya..spt itu..tangn dr bengkok lurus sakit,dr lurus ditekuk sakit), llu kedua prgelangan tgn sy(rasanya spt ditusuk2), trakhir kedua pundak luar atas(rasanya spt ditusuk2). Nah yg sy rasakan adlh KAKU bukan LEMES (tapi sy jg ga tau klo yg dimaksud lemes adlh kaku..),shg sy ssah bgerak dr posisi tidur-bangun & sebaliknya,duduk-berdiri & sebaliknya,jalan kayak robot,wah repot,sakit dan sgt mnyusahkan. Sy konsumsi Aspar K dr dktr sy,juga pisang+pocari+renadinac(obat nyeri). Sy mw tnya apkh ​yg sy alami bner hipokalemia? Apkh berat badan sy ada hubungannya dgn proses pnyembuhan/pemulihan,mngingat sy sdh mjalani medikasi slma 5hr bjalan hr ni(21 Mei 2012,dr 17 Mei 2012 sy mlai mkonsumsi obat dktr) tapi "belum terasa" perubahannya. Biasanya proses pemulihan rata2 brpa hr? Itu aja, mohon masukan dan bantuan info. Dpt lgsg ke jcfavemusicmaker@yahoo.com. Trimakasih,sy tggu tanggapan positif dr Putri segera. Jacob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut dokter spesialis penyakit dalam Hypokalium dikarenakan gangguan anak ginjal dan untuk periksa anak ginjal bagus atau tidak di Indonesia belum ada, hanya ada di USA sana. Untuk obat hypokalium terbaik adalah Pisang Ijo Sukabumi dan Kelapa Ijo. Kelapa ijo tuk orang hamil dalam semester pertama tidak boleh. kelapa muda jg ga pa2 kok. SALAM SEHAT....!!!!

      Delete
  8. Halloo..
    Mau sharing pengalaman aja ni, saya udah kurang lebih 4taunan kena hipokalemia.
    Tp setelah saya baca2 disini kok gejala nya ga separah yg saya alami yah??
    Beberapa kali kejadian pada saat kalium saya drop saya sampe kejang (mirip epilepsi) dan ga sadar selama beberapa saat. Dan setelah kembali sadar, baru terasa seluruh badan lemas plus kaku.. Rasanya seperti org lama ga olahraga, skalinya olahraga langsung yg berat.. Kurang lebih kyk gitu.
    Ada ga yg ngalamin seperti saya klo kalium nya drop sampe kejang??
    Saya sih ga tau pasti kejang seperti apa, yg pasti saya parno jadi nya.. Yg paling parah saya ga sadar pada saat bawa sepeda motor..
    Klo ada yg mau sharing pengalaman bisa email ke saya eka_chef2486@yahoo.com
    Saya lokasi di bali.. Trims..

    ReplyDelete
  9. Hi..
    Saya mau berbagi, saya juga menderita hipokalemia selama kurang lebih 8 tahun. Pada awalnya saya bisa kambuh dalam jarak waktu yang cukup jauh, seperti hampir 2-3 tahun.
    Namun belakangan saya semakin sering kambuh, sampai kurang lebih setahun ini saya selalu kambuh 2-3 kali sebulan.
    Saya selalu jaga kesehatan dan juga jaga makanan, saya bahkan sudah berhenti dari semua pekerjaan dan hanya bisa berdiam diri dirumah.
    Untuk menjaga kesehatan sehari2 saya selalu makan2an sehat, minum air kelapa dan makan buah2an yang mengandung kalium, serta minum asparK setiap say kelelahan.
    Semoga saja dalam waktu dekat akan ada obat atau pengobatan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit ini.

    ReplyDelete
  10. Saya dr kuliah smtr 3 smpe skrng udah 5 thn msh suka kambuh
    Akfitas jd gk bisa kya dulu lg

    ReplyDelete
  11. Salam kenal
    Ternyata yang mengalami hipokalemia bukan saya saja. Saya mengalami hipokalemia sejak krg lbh 2 th lalu. Saya pernah dpandang sebelah matA oleh petugas jaga atau perawat yg mungkin kurang faham dengan kondisi yg saya alami. Kadang saya dtertawKan karna klihatannya saya sehat2 ja padahal dokter saya kalang kabut klo kalium saya dbawah rata2 apalagi 1.8. Tetap saya fikir orang medis pasti tau istilah medis v ternyata saya salah... Orang medis blm tentu tau semuanya. Jd hati2 memilih tenaga medis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya jg,malah sempat malpraktik karena dokter dan perawat nggak kompeten, padahal saya sering dirawat nggak sampe sakit (beda rs sih ya) saya dikasih kcl dengan dosis tinggi 100cc na+25cc kcl (biasanya 500cc na+25cc kcl pake infuse pump kurleb 8jam),rasanya sakit. Untung saya nolak dikasih lagi,dan minta dosis 500cc,tapi akhirnya dizinkan pulang. Hati-hati ya karena kita harus lebih jeli sama petugas medis yang kadang malah meremehkan suatu penyakit.

      Delete
  12. Salam kenal.
    Waaaah ternyata banyak juga yg terkena hypokalemia. Saya baru 6bulan terakhir ini kena hypokalemia. Rasanya ruarrr biasa hebat kalo lg kambuh. Buat jalan dan gerak semua badan terasa kaku. Kadang sampe sesak pas mau tidur.
    Terakhir kalium saya sampai 1,3 dan dokter sampai heran kenapa saya bisa kuat. Yg saya konsumsi hanya pisang barangan dan air kelapa ijo serta obat KSR setiap hari. Kalo lupa mengkonsumsi bahan2 tersebut muka, tangan, kaki terasa kesemutan hebat. Kadang suka pegel2 yg bener2 bikin nangis. Sy mempunyai bayi brumue 10bln. Apakah hypokalemia bisa sembuh total? Dan apa obatnya selain itu? Karena yg keluarga sudah alami sy kehilangan adik saya satu2nya karena penyakit ini.

    ReplyDelete
  13. Teman2 mungkin bisa cek hormon tiroid. Saya hipokalemia karena hipertiroid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana setelah diobati hipertiroidnya.. apakah gejalah hipokalemia otomatis hilang atau masi muncul mas? Trims

      Delete
    2. Sekedar sharing, dlm 2 thn ini saya sdh periksa darah (tsh & ft4) sebanyak 4x namun hasil pemeriksaan selalu normal & tidak teraba benjolan. Dengan keluhan lutut & tangan lemas, degup jantung cepat, kelelahan. Apa ada yg punya keluhan seperti saya? Apakah justru ini gejala hipokalemia?

      Delete
  14. Saya berusia 20 tahun. Saya terkena hipokalemia sejak 4 tahun belakangan ini. Bukan hanya hipokalemia saya juga kekurangan kalsium stadium akhir. Dimana tubuh saya sudah tidak bisa lagi mengolah kalsium dan juga tdk bisa menyerap kalium. Jadi kalaupun saya makan makanan yang mengandung kalsium dan kalium yang tinggi itu tdk membantu sama sekali. Saya sering kram juga pada kaki tak jarang seluruh anggota tubuh. Sering sekali saya memegang benda pada tangan saya lalu tiba tiba terjatuh. Apakah hipokalemia tidak bisa disembuhkan? Karena selama 4 tahun saya bolak balik rumah sakit. Mohon bantuannya ya. Makasi😊

    ReplyDelete
  15. ternyata saya nggak sendiri*terharu*,saya jg hipokalemia 1thn ini,awalnya saya didiagnosa GBS,sempat stress berat sampe kambuh hipokalemianya dan turun bb 15kg,dan akhirnya baru tau kalo sakit sebenrnya adalah hipokalemia. Hipokalemia saya kambuhnya parah bisa 3 bulan sekali,terakhir kemarin jaraknya 5 bulan sama opname terakhir. Kira2 ada obat patennya nggak ya? Selama ini makan pisang dan minum aspar k aja, bahkan nggak bisa begadang, saya jg jadi nggak bisa kerja lagi. Ada banyak sumber bilang kalo penyebabnya ginjal,tp kok jd takut,terus dokter kemarin jg sempat tanya amandel, emg ada kaitannya ya? Kalo berkenan bagi info ya gan/sis mengenai hipokalemia dan apa yang harus saya lakukan/periksa, bisa email saya: night9moon.octa@gmail.com.thanks

    ReplyDelete
  16. Saya sedih deh kalium saya suka ngedrop. Tiap malam kaki selalu pegel2 dan berat kaya ga ada tenaga. Saya sekarang tiap hari konsumsi KSR dan sering makan pisang. Uda gitu kalau kecapean rasanya sesak banget napasnya. Saya hanya bisa pasrah. Sudah menikah pun tetap seperti itu. Tiap kali cek darah selalu dibawah normal. Saya bekerja kantoran dan sering lembur. Dan sekarang kerjaannya banyak berdiri menyambut pelanggan. Kalau lagi kambuh2nya saya cepat2 minum KSR sampe 3x sehari dan makan pisang bisa sampe segepok. Tidak tahu kapan penderitaan ini harus berakhir. Saya takut sekali masuk RS lagi karena disuntik KCL sakit sekali. Pernah pengen resign tapi kalo resign dari pekerjaan ga ada penghasilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak jgn mau klo disuntik kcl,suntik kcl (gak drip di infus) itu malpraktik (saya pernah baca kasusnya),jd klo mau dirawat rs minta disuntik/dicampur di infus 500ml, karna memang prosedurnya begitu. Saya jg gak bisa lepas dr pisang ambon dan ksr dan juga minum pocari sweat klo terpaksa dirawat ya pake infus kcl 500ml.

      Delete
    2. Saya terharu dan senang bisa bertemu sesama penderita hipokalimea disini, dalam kurun waktu setiap tahun saya ada opname di rs karna kalium saya yang rendah ini, sampe 1.3 pas tinggal sendirian di rumah dua hari ga ada yang nolong teriak2 ga juga ada yang nolong saya,tidur dan pipis jadi satu di tempat, saya sampe nangis karna pas kondisi gini sakit ga bisa gerak, hari ke dua aku paksa cas hape pegang aja jatuh ga kuat akhirnya bisa nhelink ke temen dan minta tolong, teman lompat pagar dan dobrak pintu belakang, akhirnya saya bisa tertolong dibawa ke rs fatmawati Jakarta hari kedua saya sudah bisa gerak dan pipis di toilet sendiri. Saya kerja lapangan kakinya sakit banget kadang nangis karna ga kuat, tapi harus kerja nanti saya hidup dari mana kalau ga kerja, hipokalimea kapan aku bisa paling tidak gak merasa kesakitan kalau jalan.. Sedih sekali memang

      Delete
    3. Teman-teman, saya sudah menemukan entah itu obat atau pereda untuk hipokalemia,karena mau gimana pun tetap harus mengkonsumsinya. Cari aja kelapa muda serat merah. Atau degan obat, dengan mengkonsumsinya badan akan terasa lebih baik.

      Delete
    4. Salam sehat teman2
      Bkn sy yg menderita tp suami sy
      Okt kmrn bru slsai drawat dirs krn pnyakit tsb. Skrg bln des kambuh lg sprtinya td pgi kki nya lemas bs jln ke toilet pas keluar ga bs bngun dkloset. Sy buru2 cari KSR diapotik!tp sprtinya blm reaksi dia blm bs berdiri.sy bngung klo hrs rwat drs lg ksian anak sy umur2th hrs dititipkan! Apakah teman2ada saran obat2an lain agar suamiku tak prlu drawat drs lg bs obt jln drmh sja

      Delete
  17. Hai. . salam kenal. . sy mantan penderita hipokalemia, sekarang sy bisa sembuh kok, jd teman2 jgn putus asa yach, semangat terus. .
    boleh kontak sy jika ingin sharing ttg ini. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah?bisa sembuh total utk hipokalemianya??saya mau infonya dong.

      Delete
    2. Bener bsa sembuh kah?
      Dh 2 Thun hipokalemia
      Bsa mnta FB nya buat sharing

      Delete
    3. Apa benar bisa sembuh total, minta fb atau no hp nya agar saya bisa sembuh total. Utk sembuh total hrs melakukan test aoa

      Delete
    4. Bro tlg bagi kontaknya dong.. Sy jg penderita hipokalemia smpe skg.. Sy tunggu kontaknya bro..

      Delete
    5. Teman-teman, saya sudah menemukan entah itu obat atau pereda untuk hipokalemia,karena mau gimana pun tetap harus mengkonsumsinya. Cari aja kelapa muda serat merah. Atau degan obat, dengan mengkonsumsinya badan akan terasa lebih baik.

      Delete
    6. Bisa minta kontaknya mau sharing hipokalemia

      Delete
  18. Assalamualaikum.. salam kenal, saya sri (31 th) saya hypokalemia sejak 4 tahun yang lalu.. senang bisa saling tukar informasi mengenai kekurangan kalium ini, ternyata saya tidak sendirian.. semangat terus untuk sehat.

    ReplyDelete
  19. Istri sy 3 bulan ini mengalami hal yang sama. Sedih rasanya, anak2 jadi ga kepegang. Untuk sembuh total bagaimana ya?

    ReplyDelete
  20. Informasi yang bermanfaat. Aku udah kena hipokalemi sejak 2007, sampai skrg masih sering drop. Kalau ada group whatsapp hipokalemia, masukin aku yah 0817123428

    ReplyDelete
  21. Silahkan bergabung dengan WhatsApp Group Hipokalemia untuk saling sharing, berbagi solusi menghadapi hipokalemia karena belum ada group serupa yg saya temui: https://chat.whatsapp.com/Ch9OE2sqFSm88okWV0ZCaG

    ReplyDelete
  22. Hai salam kenal semuanya. Aku terkena hipokalium sejak 2002 hingga sekarang, aku masih suka ngedrop, awalnya ketika aku kena hipokalium, depresi karena kehilangan orangtua, tapi sampe sekarang aku masih suka kambuh. Aku hanya minum aspar-k dan vitamin serta langsung diinfus. Rasanya sangat menyiksa kalau lagi dropp. Aku senang bisa gabung dengan sesama penderita hipokalium.

    ReplyDelete
  23. Semangat buat yang kena Hipokalemia ��

    ReplyDelete
  24. Salah satu dokter rujukan untuk hypokalemia adalah dokter Parlindungan Siregar di rumah sakit Jakarta, praktek setiap hari Selasa. untuk tanya-tanya bisa kontak saya di 0811875284. saya sendiri pasien dokter parlindungan dan Alhamdulillah hypokalemia saya membaik

    ReplyDelete
  25. Hai semua, sy jg penderita hipokalemia udh 11 tahun dan udh 14x msk rs loh.. Awal kena dl saat msh SMP bahkan sampai lumpuh dan kaku serta kejang otot di semua bagian tubuh. Dulu sering banget kambuh, kram, kaku, lemes gak bs jalan jd akhirnya sy sering minum air kelapa, pisang, sayur dan buah-buahan walau pun udh gak sering kambuh kaku kramnya tp kalium darah sy tetap di bawah normal loh.. Malah kmrn pas sy keguguran kalium sy cm 2,1 dan gak berasa apa apa paling cm lemes aja, padahal dl turun dikit aja udh kejang kyk org stroke.. Tp yg susahnya kmrn pas mw operasi kuret dokter anestesinya gk berani bius krn terlalu beresiko dan bs buat jantung berhenti kalau dipaksakan..sy jg br tau kalau pd saat kalium yg rendah dokter gak bs sembarangan ambil tindakan medis jd harus terapi elektrolit dl.. Alhamdulillah lancar smwnya.. Buat kalian penderita hipokalemia tipsnya biar menjaga spy gak kambuh si sering (tiap hari) makan pisang, air kelapa, kurma, sayur dan buah aja.. Jaga kondisi tubuh jangan sampai sakit diare/muntah karena cairan bakal keluar banyak dan bikin kalium drop lagi.. Oh iya cari dan pastikan penyebab utama hipokalemia kalian apa.. Kalau sy si krn efek pernah sakit infeksi lambung jd muntah terus dan jg dr kecil sering pipis (poliuria) dan sering haus kebangetan (polidipsia)jd kemungkinan besar hormon anti diuretik sy rendah dan mengarah ke diabetes insipidus..

    ReplyDelete
  26. Halo, saya penderita hipokalemia, bulan juli lalu sampai lumpuh dan hanya leher yang bias bergerak, awalnya dokter menduga kalau stroke ringan, setelah di CT-Scan Ternyata aliran darah saya normal. setelah hasil cek darah keluar baru bias dilihat oleh dokter penyakit dalam kalau saya menderita hipokalemia. setelah 4 hari di rumah sakit, yang pada awalnya kalium saya 1.5 mEq/L sudah menjadi 3.5 mEq/L, saya boleh dinyatakan pulang oleh dokter spesialis dalam. penyebab awal hipokalium saya yaitu diet yang terlalu ketat karena pernah turun berat badan 20 kg selama 2 bulan, terlebih lagi saya perokok.

    8 bulan berlalu, 2 bulan pertama tidak terasa apa apa, bulan berikutnya saya mulai merasakan lagi keringatan berlebih, cepat haus, sering buang urine, tangan gemetaran, dan dada berdebar ketika telah terlalu letih. bahkan parahnya kedua kaki saya linu sampai tidak bias diangkat. hal ini membuat saya tidak tangan lagi, dan sudah 2 minggu ini saya control cek up ke rumahsakit dan diberi obat KSR dan diminum 3 kali sehari plus buah pisang. yang saya rasakan sekarang sudah agak sedikit segar, tetapi dada berdebar debar masih terasa ketika terlalu letih, tepi kaki saya tidak pernah linu kembali. salah satu blog yang saya baca ternyata bias mempengaruhi kesuburan, dan sudah 2 tahun ini saya belum dikaruniai anak. sekarang saya sedang menjalani cek lab ptf4 untuk mengecek hormone tiroid saya. tetapi menurut dokter saya tidak boleh lepas lagi dari obat KSR seumur hidup untuk menjaga kadar kalium dalam darah saya.


    mungkin ada yang bias menjawab, apakah ini penyakit ataukan kelainan, apabila kelainan, saya dan keluarga sudah menerima kalau saya harus minum obat seumur hidup…


    terima kasih sudah diperkanankan pengalaman saya, sehat terus, dan selalu berjuang.

    ReplyDelete
  27. Salam kenal sy henry
    Mlm takbiran kemarin sy di rawat di rmh sakit selama 4 hr karena penyakit ini.
    seluruh badan lumpuh total,.

    ReplyDelete
  28. Mama saya keluar dari rs kalium 3.5 lalu rawat jalan malah turun 2.7. Kepala sering pusing dan bawaannya ngantuk terus. Mau tanya apakah obat aspa K boleh terua menerua dikonsumsi? Adakah obat lain yg lbh bgs?

    ReplyDelete
  29. Gara2 diare dan muntah kalium turun jadi 3.12...setelah di beri KCL lewat infus naik jadi 3.35 masih kurang niy minum aspa k...klo sakit ini keinget saudara yg meninggal krn hipokalinemia berat...klo ingat tu tkt3 n gt.soalnya masih punya anak kecil usia 5thn 9bulan sama 4bulan.krn saya dan suami merantau anak kami titipkan ke saudara.mau tdk mau yg bayi saya perahkan ASI.kira2 kalau kambuh bs semakin drop g ya?pdhl ada rencana pulkam lumayan jauh pula.berharap tdk kambuh lg sj.turun sedikit iti sj dah menyiksa bgt.apa ya klo punya riwayat kalium rendah g bs jalan2 kyk piknik gt?

    ReplyDelete
  30. Saya kira cuma keluarga saya yg kena hipokalemia... Memang sensasi kalium rendah luar biasa, klo lagi lemas konsumsi ksr sampe 2x3,adakah teman2 yg sudah sembuh, mohon info cara sembuhnya

    ReplyDelete
  31. Hallo saya tia.. saya menderita hipokalemia 2.9 masuk ugd di tngah pandemi covid 19 ini. Badan saya semuanya kesemutan sampai di kepala. Setelah keluar ugd saya hanya diberi obat kalipar dan harus mengkonsumsi banyak pisang, sayur hijau, dan air kelapa. Berselang 3 mnggu kalium saya naik jadi 3.2 dan dada saya sudah mulai berkurang tatikamnya.. terimakasih ya Tuhan Yesus Kristus. Jika Tuhan Yesus berkehendak saya akan menjadi lebih baik bahkan bisa menjadi sembuh total. Teman2 yg terkena kekurangan kalium jg.. kita harus tetap percaya dan lawan penyakit ini dgn gaya hidup sehat. Spy kita masih bisa brsama2 dgn anak keluarga terkasih kita semua.

    ReplyDelete
  32. Bang apa kekurangan kalium otot paha terasa sakit kalau naik tangga.

    ReplyDelete